Sabtu, 10 Mei 2008

terjebak!!!

aku baru aja baca novel yang judulnya the little prince. ya ya ya... aku tau, udah telat berapa puluh taun baru baca sekarang.. tapi yang pasti, aku suka banget ma tu buku.

jadi ceritanya tu tentang pangeran kecil dari planet antah berantah yang bepetualang dari satu planet ke planet lain (buset! bepetualang antar planet! nggak pake pesawat ulang alik loh! jalan! bayangin! jalan dari palnet ke planet! kalo aku, udah gempor kali ya? naekin tangga rektorat aja napas udah senen kamis!). banyak hal-hal aneh yang dia temui. nah planet terakhir yang dia kunjungi tu bumi. di bumi dia makin kaget. soalnya hal-hal aneh tadi tu berkolaborasi. bahkan berlipat ganda. inti dari buku ini adalah melihat semua hal dari sudut pandang anak kecil. banyak nilai yang bisa kita ambil di sini.

habis baca buku ini aku makin pengen tetep punya jiwa anak kecil yang nggak terjebak di tubuh orang dewasa. nggak kayak aku yang jiwanya tetep anak kecil tapi badannya udah kayak ibu beranak empat. enak banget ya jadi anak kecil... waktu masih kecil dulu aku sering mikir, enak banget ya jadi orang dewasa. bisa ngatur penempatan piring di rak piring, bisa nyimpen celana dalem di tempat yang tepat, bisa bikin bawang merah+bawang putih+cabe+garem+nasi+kecap jadi nasi makanan lezat, dsb. wow! keren banget deh pokoknya! pokoknya, suatu saat aku bisa jadi orang dewasa yang keren kayak gitu! dan ampe umur udah kepala dua gini, tetep aja nggak bisa keren...

tapi beneran, jadi anak kecil tu menyenangkan.
  • pas masih bayi, kalo glegeken mama bakal bilang, "Pinter..." Kalo sekarang glegeken, kata2 yang keluar adalah, "Cah wedok kok kayak gitu!"
  • pas masih kecil kalo lagi di jalan trus mo pipis, pasti pada bingung melayani keinginan kita. kalo sekarang kata2 yang keluar adalah, "Tahan dulu napa?"
  • anak kecil bakal dengan mudah terlepas dari jeratan hukum dengan alasan, "Namanya juga anak2!" pemakluman yang menyenangkan... buktinya, brubah (bukan nama sebenarnya) terlepas dari jeratan hukum waktu dia marut muka atot (bukan nama sebenarnya) di aspal pas masih kecil. dan lasan ortu2 mereka nggak ngelaporin brubah ke polisi adalah , "namanya juga anak2!" bayangin! kalo sekarang brubah marut muka atot ke aspal udah kena pasal dia!
  • anak kecil tu nggak perlu mikirin macem2. mentok2nya dia bakal ngerasa hebat bisa punya pertanyaan, "ma, kok adek bayi bisa ada di perut mama?" nggak perlu mikir, "aduh besok gue pake baju apa ya?", "gimana cara nembak tu cewek ya?", "mampus UAS hampir tiba! kapan gue bakal masuk kuliah?", "hari ini titip absen ma sapa ya?", dan pikiran2 aneh lainnya.
  • anak kecil tu bisa manja2 ke cowok tanpa perlu dicemburuin ama ceweknya. alasannya? "masih anak2 ini!" kan enak bisa bati cogan!
  • dan hal2 lain kayak digendong pas lagi jalan santai, dibopong pas ketiduran di depan tipi, de es be...

hufh... bener2 menyenangkan ya?

selama ini banyak orang bilang aku childish banget. awalnya sebel, lama2... prek! urusan! uripku! lagian being a child is fun! semua hal yang diliat dari sudut pandang anak kecil selalu terlihat lebih mudah mengatasinya. lebih dari itu, aku butuh ke-childish-anku ini buat menyimpan sejuta imajinasi, yang belum tentu bisa dimiliki orang dewasa. jadi, aku bisa produktif buat d'amandel. hohoho...

jadi inget lagunya Simple Plan...

i don't wanna be told to grow up // cause i don't wanna change, so you better give up // i don't wanna be told to grow up // and i'm not gonna change, i don't wanna grow up //

buat yang ngarepin aku dewasa, itu jawabanku...

1 komentar:

ered3551 mengatakan...

waaahhh
dah bakat bich jadi frist reader, buktinya sinopsisnya keren banget kok
buku-buku yang laen juga ya, jadi ered tinggal ngeblog ditami dech, heeeheee...